Selamat Datang ..... ^__^

Wah terimakasih untuk anda yang sudah mau berkunjung ke Blog saya dan sahabat- sahabat saya yang menjadi inspirasi bagi saya ... Sebelumnya mohon maaf apabila ada yang kurang pas di hati ... Nah karena sudah datang ... silahkan lihat- lihat dulu sejenak di blog ini .. ok ok ok * ^__^ *

Monday, September 12, 2011

Khusyuk Dalam Sholat

Sebuah cerita yang diriwayatkan, bahwa ada seorang sahabat mengadu kepada Rasulullah Saw, bahwasanya jika  ia mengerjakan sholat tidak bisa khusyuk sepenuhnya. Ia seringkali masih terikat hal-hal lain didalam sholatnya. Termasuk urusan rumah tangga, utang piutang dan lain-lainnya.
Beliau menjawab : "Tidak ada orang yang bisa khusyuk sepenuhnya dengan sempurna sejak dari awal hingg akhir."
Tiba-tiba Ali bin Abi Thalib menyanggah : Aku bisa, ya Rasulullah.""Betul ?"Tanya Nabi, "Betul", jawab Ali dengan  yakin.
Beliau bersabda : "Jika memang betul kamu bisa sholat dengan khusyuk sejak dari awal hingga akhir, aku akan berikan sorbanku ini untukmu sebagai hadiah."
Mendengar pernyataan Nabi, Ali lalu mengerjakan sholat sunnat dua raka'at. Setelah selesai, beliau bertanya kepada Ali :
"Bagaimana ? Bisa khusyuk dengan sempurna ?"
Dengan wajah murung kemalu-maluan, Ali menjawab : "Awalnya aku bisa khusyuk sekali. Begitu pula dalam raka'at kedua ketika sujud yang terakhir juga masih tetap khusyuk, hingga duduk tasyahud. Kemudin sampai pada mendekati salam, barulah hatiku berubah lantaran teringat janjimu, ya Rasulullah, bahwa Engkau akan memberikan hadiah sebuah sorban bagus kepadaku. Jadi rusaklah khusyukku."
"Demikianlah pula yang lain-lain", Kata Nabi, "Karena khusyuk itu diukur oleh Allah sebatas kemampuan manusia. Yang penting. ketika pikiranmu terbawa oleh urusan lain, setelah ingat kembalillah kepada sholatmu lagi.Sebab dalam mengerjakan ibadah memang hendaknya kita mampu seakan-akan melihat Allah Ta'ala. Namun jika atidak mampu, asalkan kita ingat bahwa Dia telah melihat kita, itu sudah memadai". Ujar Nabi seraya tersenyum.
Jadi, sholat dengan khusyuk itu memang sulit. Tapi, bukan berarti kita meninggalkannya.Karena hukumnya wajib.Tapi bila kita bisa khusyuk dan tenang. Maka Allah akan memberikan pahala dan ganjaran untuk kita. Jadi jangan berputus asa. Teruslah berusaha.

(   sumber : Wanita bertanya islam menjawab karya Ustdz. Labib Mz. )

No comments:

Post a Comment